Survei: Mahfud MD capres idola nahdliyin

hasil survei pw ikatan sarjana nahdlatul ulama jawa timur (jatim) bersama lembaga survei suprimasi mencatat mantan ketua mk mahfud md menjadi calon presiden idola terhadap nahdliyin jatim.

kami bertanya terhadap 1.238 responden dan dijalani secara proporsional dengan metode terbuka, makanya tercatat 26 calon presiden yang disodorkan responden, tutur wakil sekretaris isnu jatim faza dhora nailufar, di surabaya, minggu.

didampingi wakil ketua pw isnu jatim imam syafii, dhora dan juga kepala laboratorium ilmu politik universitas brawijaya malang mengajarkan hasil survei menunjukkan banyak lima nama dan memperoleh dukungan lebih dari tiga persen.

mahfud md 21,08 persen, jokowi 12,76 persen, prabowo 11,15 persen, dahlan iskan 6,7 persen, dan arb 5,33 persen, sedangkan nama lain dalam bawah tiga persen, di antaranya jusuf kalla, anas urbaningrum, mohammad nuh, ahmad dani, saifullah yusuf, serta sebagainya, katanya.

Informasi Lainnya:

menurut dia, hasil survei tersebut akan diserahkan isnu terhadap pwnu jatim dan pbnu. ibaratnya, jika nu dalam ini membeli suara langit ataupun istikhoroh di pemilihan kepala daerah, isnu melengkapi melalui suara bumi serta survei, katanya.

ditanya alasan nama mahfud md menduduki posisi teratas dalam kelompok masyarakat nahdliyin, ia menyatakan alasan responden umumnya menyebut mahfud md dibuat sosok yang tegas juga objektif di mengambil tindakan, meski ada pilihan bagian dan menentangnya.

alasan dan terekam adalah 36 persen ketegasan, 31 persen bersih dan jujur, 15 persen pengalaman di pemerintahan, empat persen merupakan kader nu, juga 14 persen agar alasan lain.

yang baik, arb tak ditekuni sama pilihan dalam sidoarjo. mampu saja keuntungan itu akibat lumpur lapindo, namun yang bagus adalah banyak warga nu dan tidak terkena dampak lumpur lapindo selama porong, sidoarjo, namun mereka memiliki solidaritas yang tinggi terhadap korban lumpur, katanya.

meski ditanya perihal figur capres, katanya, pilihan nahliyin mencari dengan menggandengkan melalui figur lain, pada antaranya 29 daripada 261 responden yang mencari mahfud md menggandengkan dengan figur lain dibuat cawapres.

sebanyak 20 dari 83 responden yang bekerja sama dengan dahlan iskan memasangkannya dengan figur lain, seperti jokowi dan mahfud md, sedangkan 20 dari 158 responden yang memilih jokowi dan memasangkan dengan figur lain, ujarnya.

untuk peta tujuan pemilih/responden, ia menyampaikan mayoritas dari 38 kabupaten/kota selama jatim memilih mahfud md, tapi mayoritas dukungan supaya mahfud md daripada pemilih banyuwangi, sedangkan mayoritas pemilih jokowi ada di lumajang, pasuruan, serta pamekasan. untuk arb, mayoritas pendukung daripada pasuruan dan jember.