BNPB: puting beliung terjang Wonosobo dan Demak

badan nasional penanggulangan bencana (bnpb) mengatakan bahwa ratusan properti dalam kabupaten wonosobo dan kabupaten demak dalam provinsi jawa tengah rusak sesudah diterjang angin puting beliung.

puting beliung yang lalu disertai hujan deras menerjang wilayah selama kabupaten wonosobo dan kabupaten demak, provinsi jawa tengah pada selasa (9/4). catatan sementara menyebutkan ratusan rumah mengalami kerusakan, kata kepala pusat data Informasi dan humas bnpb sutopo purwo nugroho pada jakarta, selasa.

dia menunjukan, dalam kabupaten wonosobo, angin puting beliung menerjang desa dukuh krajan dan desa banyumudal dan terletak selama kecamatan sapuran pada selasa, jam 13.30 wib.

data ternyata mencatat sekitar 300 rumah pada keadaan rusak tengah hingga rusak berat, ujarnya.

sejauh ini, kata dia, upaya penanganan baru terkendala oleh listrik dan padam juga kondisi dalam lapangan yang terletak pada daerah perbukitan.

Informasi Lainnya:

dia menunjukan bahwa Salah satu desa terisolir akibat jalan menuju tujuan desa itu cukup berat.

selain itu, berdasarkan dia, belum terbentuknya badan penanggulangan bencana daerah (bpbd) dalam kabupaten wonosobo serta menyulitkan koordinasi diantara pemerintah daerah setempat, tim sar, serta relawan selama penanganan bencana.

namun, pendataan terhadap kerusakan juga kerugian sampai saat ini masih terus dilaksanakan, tutur sutopo.

sementara itu, lebih lanjut dikatakannya, angin puting beliung dan terjadi dalam kabupaten demak menerjang desa pilangrejo dalam kecamatan wonosalam di pukul 15.20 wib.

sekitar 20 properti mengalami kerusakan. bpbd demak baru terus mengerjakan pendataan kerusakan serta kerugian, ujarnya.

sutopo serta mengatakan bencana lain yang terjadi di jawa sedang di selasa (9/4), yaitu pada kabupaten kendal di pukul 13.00 wib.

bencana pada kendal itu tanah longsor di pabrik tri abadi purnama.

longsor menimpa gudang lahan baku milik pabrik itu pada desa campurjo, kecamatan boja, kendal hingga menimpa karyawan. efek sampingnya dua orang meninggal dunia juga enam orang luka-luka, ungkapnya.

semua korban itu, tutur sutopo, sudah dievakuasi ke properti sakit permata medika di ngaliyan, semarang.