Iran-IAEA akan gelar pembicaraan pada 15 Mei

badan tenaga atom internasional (iaea) mengumumkan kiranya putaran kesepuluh pembicaraan diantara iran dan iaea ingin digelar selama 15 mei di wina.

iran serta iaea sudah bertemu selama sembilan putaran pembicaraan dari akhir 2011. pertemuan terakhir mereka digelar pada ibu kota iran, teheran, pada pertengahan februari.

setelah babak kesembilan pembicaraan, deputi direktur jenderal iaea dan kepala departemen perlindungan herman neckaerts menungkapkan, kedua pihak tak mampu mencapai kesepakatan perihal modalitas akan tetapi iaea berkomitmen untuk melanjutkan pembahasan.

iran serta iaea telah membahas lebih dari Salah satu tahun untuk membuat modalitas untuk mengajarkan apa iran mesti menjawab pertanyaan iaea mengenai isu kemungkinan dimensi militer (pmd) daripada web nuklir iran.

Informasi Lainnya:

amerika serikat, rezim israel dan pilihan sekutunya menuduh iran telah salah mengejar tujuan non-sipil selama web energi nuklirnya.

iran secara tegas menolak tuduhan tersebut, dengan alasan kiranya sebagai komitmen penandatangan perjanjian non-proliferasi dan anggota iaea, dia berhak agar membeli teknologi nuklir supaya objek wisata damai.

selain itu, iaea sudah mengerjakan semua inspeksi fasilitas nuklir iran, sementara tak pernah menemukan bukti dan menunjukkan kiranya website energi nuklir teheran telah dialihkan ke arah tujuan militer, demikian laporan irna.