Digrebek jamu oplosan senilai Rp2,8 miliar

badan pengawas obat serta makanan (bpom) berhasil menggarap penggrebekan dua pabrik jamu rumahan selama cisauk, kabupaten tangerang juga menemukan produk semua jenis jamu oplosan siap jual senilai rp2,8 miliar.

hasil penggerebekan jamu oplosan (jumat5/4) ditaksir nilainya hampir rp2,8 miliar, tutur kepala bpom lucky s slamet usai pencanangan grup kerja nasional penanggulangan obat tradisional ada kandungan bahan kimia obat (bko) di jakarta, senin.

lucky menunjukan, selama objek wisata pertama ditemukan jamu dengan merk jawa dwipa tawon klangkeng. selama kemasannya tertulis diproduksi oleh ud anak kinasih banyuwangi jawa timur.

padahal diproduksi di tangerang, jadi ini tiruan. kita carilah serta yang baru dalam pada drum biru kurang lebih 109 drum masing-masing 125 liter. 2012 banyak jamu masak pada pandi juga dan dalam kemasan botol 600 ml serta 120 ml, jelas lucky.

Informasi Lainnya:

selain palsu, ditemukan juga kandungan bahan kimia obat pada campuran jamu yakni fenilbutazon yang sesungguhnya dimanfaatkan untuk pegal linu.

sementara dalam pabrik kedua dan jaraknya tidak jauh dari pabrik rumahan pertama, ditemukan enam pilihan jamu yakni madu klangkeng jamu tradisional jawa benar cap putri sakti, obat alami pegal linu serta asam urat madu tawon klangkeng. disamping itu jamu pegal linu mahkota dewa, jamu gali-gali dan jamu sangat kuat.

yang kita temukan banyak dua kelompok yaitu kelompok pegal linu ditambahkan fenilbutazon juga kedua, obat kuat laki-laki ditambahkan sildenasil. sebenarnya kedua bahan kimia ini asli manakala digunakan dengan resep dokter, namun dan terjadi ditambahkan semudah mencampur gula dalam adonan, kian lucky.

sementara hasil temuan bpom dari januari hingga maret 2013 terhadap obat tradisional mengandung bahan kimia obat senilai rp1,8 miliar.