Jalan poros Sulawesi Tenggara rusak

jalan poros konda-wolasi menuju ibu kota kabupaten konawe selatan, sultra sekarang mulai rusak sehingga selain menghambat perhubungan darat dan membahayakan keselamatan pengguna jalan raya.

dilaporkan selama kendari, minggu beberapa titik kerusakan jalan tersebut tersebar pada belokan pertama hingga akhir di pebukitan kecamatan wolasi serta konda.

kerusakan jalur ini amat parah sebab merupakan perlintasan kendaraan besar dan bermuatan berat dari pilihan wilayah semisal kabupaten bombana, pelabuhan torobulu menuju kabupaten muna serta buton, yang sepenuhnya mesti melewati jalan tersebut, tutur yono, salah betul supir angkutan umum kota kendari-bombana.

kerusakan jalan nasional itu timbulkan, disamping air hujan dari gunung menimpa badan jalan karena tak kehadiran saluran air oleh karenanya disaat hujan datang segera menghantam badan jalan menyebabkan aspal jalan terkikis sampai berlubang sebab tak berfungsinya drainase untuk pembatas air disepanjang jalan tersebut.

Informasi Lainnya:

selain tersebut, tingginya mobilitas kendaraan-kendaraan berat yang mengangkut seluruh hasil kehutanan dan pertanian, bahkan alat-alat berat perusahaan pertambangan dan nikel untuk menyuplai kebutuhan pada dan luar daerah setempat.

kerusakan jalan ini, sebenernya belum berlarut, tapi bila dibiarkan terlalu saja, dengan demikian lambat laut ingin semakin parah dan mengancam keselamatan terhadap setiap pengendara, tutur udin, masyarakat desa wolasi.

jalan poros wolasi, kepada kendaraan sulit memang belum terlalu berpengaruh ingin sementara berdampak terhadap pengendara kendaraan peribadi atau sepeda motor, terutama menganggu laju kendaraan terlebih disaat hujan.

bahkan keterangan dari masyarakat disepanjang jalan itu, kecelakaan dan seringkali terjadi melalui kondisi jalan dan sempit, kaum pengemudi harus serba berhati-hati sebab selain belokan tajam, dan tanjakan cukup tinggi oleh karenanya manakala tak berhati-hati bisa jatuh ke bawah jurang.

warga berharap supaya pemerintah pusat dan provinsi bersegeralah menangani sebelum jalan negara itu rusak berat (terputus), dan pastinya akan lebih besar mendapatkan kerugian lebih besar kalau dibiarkan terlalu saja.